Berita / Kemahasiswaan

Prodi PBA Laksanakan Sempro Perdana, Kaprodi PBA Syaipuddin Ritonga, M.Pd. : Ini Sejarah Bagi Kita

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 11 Maret 2023


Panyabungan - Jum’at, 10 Maret 2023. Dua orang mahasiswa angkatan pertama Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Mandailing Natal (Madina) sukses laksanakan Seminar Proposal Skripsi pukul 14.00 – 16.00 WIB. Seminar Proposal (Sempro) dari Prodi PBA ini adalah sempro perdana yang dilaksanakan di gedung serbaguna STAIN Madina. Acara ini dihadiri oleh segenap Dosen PBA yang bertugas sebagai penguji yaitu Syaipuddin Ritonga, M.Pd, Zulfina, M.Pd.I, Tauhid S.Pd.I, M.A, Isra Hayati Darman, M.Pd, dan beberapa mahasiswa/i PBA dan ada juga beberapa mahasiswa/i STAIN dari Prodi lain.

Sempro pertama disampaikan oleh Nur Mawaddah dengan judul “تطبيق طريقۃ المباشرۃ لترقيۃ نتيجۃ تعليم مهارۃ الكلام لتلاميذ الصف الثامن بمعهد دار الإخلاص بيابونجان ” dimana bpk Syaipuddin sebagai ketua penguji (penguji 1), bpk Tauhid sebagai sekretaris penguji (penguji 2), ibu Isra sebagai penguji 3 dan ibu Zulpina sebagai penguji 4.

Dan dilanjutkan oleh Nova Ratna Sari Harahap dengan judul “تدريس المفردات لترقية مهارة الكلام في معهد دارلسلام بسيمبانج ليمن لابوهن باتو الجنوبية سومطرة الشمالية” dimana ibu Zulpina sebagai ketua penguji (penguji 1), ibu Isra sebagai sekretaris penguji (penguji 2), bpk Syaipuddin sebagai penguji 3 dan bpk Tauhid sebagai penguji 4.

Pemaparan proposal mendapatkan durasi 15 menit dan kemudian dilanjutkan penyampaian kritik, evaluasi dan saran dari penguji. Evaluasi berupa pertanyaan seputar penelitian yang dilakukan, metode penelitian yang digunakan, teori, atau tata cara penulisan skripsi. Dimana masukan ini berguna sebagai bahan evaluasi penelitian untuk mendapatkan gambaran yang akan dilakukan pada penilitian nantinya agar skripsi yang dihasilkan menjadi baik dan bermutu.

Di akhir acara segenap dosen penguji mengadakan rapat sebentar untuk mendapatkan keputusan mengenai judul skripsi yang diajukan. Dan hasil keputusan dari para penguji diumumkan langsung oleh bpk Syaipuddin, beliau menyatakan bahwa judul dari saudari Nur Mawaddah dan Nova Ratna Sari Harahap dapat diterima, dan beliau juga menegaskan kepada kedua peserta sempro tersebut supaya menyelesaikan Skripsinya sebelum bulan Agustus tahun ini.

Pada kesempatan lain, selaku Ketua Prodi PBA, bpk Syaipudin mengatakan bahwa ini merupakan sejarah bagi Prodi PBA STAIN Madina dimana ini merupakan moment pertama bagi Prodi PBA melaksanakan sempro. Beliau berharap kedepannya STAIN Madina khususnya Prodi PBA terus maju dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :