Berita / Akademik

Sekretaris dan Dosen PGMI STAIN Mandailing Natal melaksanakan kegiatan Visiting Lecture di UIN Sumatra Utara

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 22 Oktober 2024


Panyabungan – Selasa, 22 Oktober 2024. Sekretaris dan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal Rahmi Seri Hanida, M.Pd dan Marwah,M.Pd, telah sukses mengadakan kegiatan Visiting Lecture di Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara pada tanggal 17 Oktober 2024.

Kegiatan ini merupakan realisasi Kerjasama (MOA) antara prodi PGMI STAIN Mandailing Natal dan Prodi PGMI UINSU  dalam bidang Pendidikan serta bertujuan untuk memperkuat kolaborasi akademik antara kedua institusi, serta memberikan wawasan dan inspirasi kepada para mahasiswa UINSU Medan.

Dalam kesempatan ini, Rahmi Seri Hanida, M.Pd menyampaikan materi kuliah pada semester V yang berfokus pada "Integrasi IPA dan IPS (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka di MI/SD". Dalam kuliah tersebut Ibu Rahmi Seri Hanida, M.Pd menjelaskan bahwa Integegrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menjadi satu mata pelajaran dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar dapat menjadi langkah yang efektif untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih holistik dan relevan. Secara umum membuat Rancangan pembelajaran point2ya smaa dengan kurikulum k-13. Ciri Khas RPP pada KKM adalah pada pembelajaran berbasis proyek yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.  Hal ini memberikan ruang bagi siswa untuk belajar secara aktif, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan mengambil peran dalam menyelesaikan masalah nyata di sekitar mereka, sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pada kemandirian dan fleksibilitas dalam pembelajaran.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh Ibu Marwah, M.Pd dengan fokus materi “Perubahan dan Tantangan Pendidikan Abad 21”, dalam kuliah tersebuh, Ibu Marwah, M.Pd memaparkan bahwa Pendidikan abad 21 dikenal dengan perkembangan ilmu teknologi yang berpengaruh terhadap segala hal kehidupan manusia, termasuk terhadap perubahan sistem Pendidikan di Indonesia dimana ditandai lahirnya kurikulum Merdeka yang merubah tujuan dan sistem Pendidikan yang lama menjadi tujuan dan  sistem baru yang relevan mengikuti perkembangan teknologi secara global dengan mengharuskan siswa untuk memiliki kompetensi Learning Skill, Literacy Skill, dan Juga Life Skill, sedangkan tantangan Pendidikan di abad 21 adalah adanya perkembangan teknologi secara pesat sehingga mewajibkan guru harus mampu berpikir

Kegiatan Visiting Lecture ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari Ketua Prodi PGMI UINSU Medan Ibu Dr. Nirwana Anas, M.Pd, serta para dosen dan mahasiswa PGMI UINSU, menyampaikan apresiasi mereka terhadap kegiatan visiting lecturer yang diadakan sehingga dengan ini mereka berharap kerjasama untuk saling membangun terus berlanjut antara Prodi PGMI STAIN Mandailing Natal dan Prodi PGMI UINSU Medan. Selain Mengajar di ruang kelas, Tim Dosen dari PGMI STAIN Mandailing Natal juga melanjutkan kegiatan bincang-bincang santai berbagi informasi dari ketua prodi PGMI UINSU terkait Borang Akrediatasi, bagaimana mereka mempertahankan akreditasi agar tetap unggul ditengah rasio SDM yang tidak sebanding.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya institusi untuk meningkatkan kualitas Prodi PGMI STAIN Mandailing Natal melalui kerjasama antar institusi, serta mendukung pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan sehingga menjadikan STAIN Mandailing Natal menjadi perguruan Tinggi yang unggul, moderat dan inovatif.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :