Berita / Akademik

Seminar Nasional dan Visiting Lecturer Prodi PIAUD STAIN Mandailing Natal Disambut Hangat Oleh Dosen Dan Mahasiswa Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 08 Mei 2024


Panyabungan - Rabu, 8 Mei 2024. Dosen Prodi PIAUD STAIN Mandailing Natal Melakukan kegiatan Seminar Nasional dan Visiting Lecturer di IAIN Syekh Nurjati Cirebon Selasa, 8 Mei 2024. Kedatangan Dosen PIAUD STAIN Mandailing Natal disambut hangat oleh Dosen dan mahasiswa PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kegiatan ini, Dosen PIAUD STAIN Mandailing Natal Annisa Wahyuni,M.Pd mengisi materi pada Seminar Nasional dipandu moderator dosen Jurusan PIAUD Syekh Nurjati Cirwbon Dr. Maulidia Ulfa,M.Pd.I yang berjudul Menggali Potensi Gizi Dan Pengasuhan Sebagai Investasi Jangka Panjang Untuk Generasi Unggul.

"Sekitar 1 dari 3 anak balita di negara kita masih mengalami stunting. Kekurangan gizi disebabkan berbagai faktor baik di dalam maupun di luar masalah kesehatan. Hal ini telah diketahui sebagai determinan dari masalah gizi di negara kita. Mulai dari asupan makanan yang tidak cukup, penyakit infeksi, sanitasi, hingga faktor ekonomi. Ini menjadi PR juga bagi Guru PAUD Indonesia, agar mampu mengedukasi & mencontohkan kepada orang tua tentang bagaimana perlakuan menunjang gizi Anak Usia dini" Jelas Annisa pada paparannya.

Beberapa pertanyaan datang dari mahasiswa Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang bagaimana peran guru mengatasi stunting dan kiat mencerdaskan Anak Usia Dini dan dijawab lugas oleh narasumber

Usai agenda seminar nasional, dilanjutkan Visiting lecture oleh Sartika Dewi Harahap,S.Pd.M.Hum,  Sekertaris Prodi PIAUD STAIN Mandiling Natal.

Visiting Lecture merupakan salah satu acara pendamping dari rangkaian Bechnmarking sekaligus mengakhiri acara pada sore hari.

Acara yg dipandu oleh Ayu Firlandari,M.Pd sekertaris Jurusan PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon berjudul Stimulasi Berbahasa dan Literasi melalui Bermain AUD pada mata Kuliah Bermain dan Permainan.

Diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan semester 2 sampai 8.

"Stimulasi berbahasa adalah kunci keberhasilan seseorang menjalani kehidupan dan meraih pendidikan sebaiknya-nya. Harus dimulai se dini mungkin, baik di rumah, lingkungan utamanya sekolah. Literasi dapat terwujud apabila bahasa Anak distimulasi secara optimal dan disesuaikan dengan masanya. Masa AUD adalah bermain, dan menghadirkan permainan yang tepat tentu akan menyamankan AUD meraih literasi yg sesungguhnya." Ringkasan materi visiting lecture Sartika.

Acara diakhiri dengan diskusi bersama mahasiswa dan dosen kemudian foto bersama.

Ayo Semangat ! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :