Berita / Kampus

Upacara Peringatan HUT RI ke 78 Di Lingkungan STAIN Madina

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Agustus 2023


Panyabungan – Kamis, 17 Agustus 2023. Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dilaksanakan di Lapangan Upacara Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina). Menggunakan baju adat, upaca diikuti oleh Unsur pimpinan, dosen, Tenaga Kependidikan dan para mahasiswa STAIN Madina,  Kamis (17/8).

Ketua STAIN Mandailing Natal, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag bertindak selaku Pembina upacara. “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” menjadi tema peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-78 Tahun 2023.

Dr. Sumper Mulia menyampaikan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Disampaikan bahwa kemerdekaan kita merupakan perjuangan pendahulu bangsa. Upacara ini juga menjadi cara kita berterima kasih kepada para pendahulu.  Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju.

78 tahun perjalanan kemerdekaan telah mengantarkan kita pada kemajuan masa kini. Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi jadi lima besar kekuatan ekonomi dunia. Hal itu juga diiringi kemajuan yang lain di berbagai sektor.

Sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia. Berdasarkan International Institute for Management Development (IMD), daya saing Indonesia di 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34, kenaikan sangat signifikan tersebut tidak lepas dari peran guru dan dosen binaan Kementerian Agama.

Kita bersyukur Indeks Kerukunan Umat Beragama terus meningkat. GusMen berpesan, Moderasi Beragama harus terus diintensifkan demi terus tumbuhnya komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti kekerasan, dan penghormatan atas budaya dan tradisi. Dan untuk menyongsong tahun politik ini, beliau mengarahkan agar ASN Kementerian Agama harus mampu mewarnai suasana agar Pemilu berlangsung dalam suasana gembira layaknya sebuah pesta yang kita sebut sebagai Pesta Demokrasi.

Capaian diatas tak luput dari peran tokoh agama, ulama, tokoh masyarakat, pemimpin budaya dan guru. Serta yang perlu ditekankan "Jas Merah" jangan sampai melupakan sejarah. Semoga para pejuang mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan para pemimpin bangsa mendapat pertolongan menghantarkan kemajuan bangsa.

Dalam moment peringatan hari kemerdekaan tersebut, Ketua STAIN Mandailing Natal menyampaikan bahwa momentum kemerdekaan Indonesia menjadikan kita manusia yang paham arti bagaimana berkorban, memperjuangkan dan mujahadah untuk diri kita, keluarga, instansi, bangsa dan masyarakat. Itu bisa dilakukan apabila ada relasi yang sangat komprehensif antara pemahaman kita terhadap definisi dan terminologi perjuangan itu sendiri.

“kalau kita sudah memahami secara komprehensif terhadap perjuangan itu maka tidak akan menjadi pejuang yang bisa menginternalisasi defenisi mujahadah itu sendiri ketika mereka berjuang tanpa pamrih dan melakukan sesuatu dengan tulus Ikhlas”. Ucap Dr. Sumper Mulia.

Sebagai ASN yang berkomitmen di bidang Pendidikan maka harus memperjuangkan Bagaimana bagaimana mencerdaskan anak-anak bangsa. Mempersiapkan generasi yang akan membawa perubahan untuk negeri ini.

Beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa bahwa mereka merupakan sosok yang akan menjadi pengganti bagi para pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Mereka merupakan generasi penerus bagi kepemimpinan bangsa.

“Melalui HUT RI ke 78, mari isi kemerdekaan ini dengan perjuangan ketulusan dan keikhlasan kita semuanya. Civitas Akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal siap untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan meningkatkan kualitas pendidikan kita khususnya di daerah pantai barat ini.” Tutup beliau.

Sebagai informasi, di akhir upacara, Ketua STAIN Madina menyerahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Drs. H. Khoirul Amani, M.A. atas pengabdiannya untuk negeri selama 30 tahun ini.

Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Mari bersama, “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” MERDEKA!!

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :