Berita / Kemahasiswaan

UPT Perpustakaan STAIN Madina Gelar Workshop Literasi dan Penggunaan Mendeley

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 19 Oktober 2021


Panyabungan -19 Oktober 2021. UPT Perpustakaan STAIN Madina menggelar Workshop Literasi Informasi Dan Penggunaan Tools Reference Mandeley Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini digelar di Aula Serba Guna STAIN Madina (18/10/2021).

Kepala UPT. Perpustakaan, Siti Aisyah Batubara, S.Sos., menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan workshop yang digelar bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah.

“kegiatan workshop ini bertujuan untuk membantu mahasiswa agar mahir dalam menggunakan Tools Reference Mandeley ketika menulis karya ilmiah.  Selain itu, kita juga berharap mahasiswa dapat memperkaya diri dengan banyak melakukan literasi” papar beliau

Pada kesempatan itu juga, Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, M.A., menyampaikan bahwa kegiatan workshop tersebut sangat diapresiasi dan dibutuhkan oleh mahasiswa.

“kegiatan workshop ini sangat ditunggu oleh mahasiswa, karena melalui kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan tentang penggunaan tools reference mandeley dalam menyusun skripsi atau tugas akhir. Selain itu mereka juga mengerti dalam melakukan literasi terkait referensi dalam menyusun tugas akhir” kata beliau

Dalam kegiatan tersebut, M. Rasyid Rodlo, M.I. Kom., Dosen Ilmu Perpustakaan USU sebagai narasumber pertama. Beliau memandu para peserta terkait penggunaan tools reference mandeley. Selain itu beliau juga mengajak para peserta untuk giat menulis dan mencari sumber referensi yang dapat dijangkau, baik itu jurnal, artikel maupun buku yang dapat diperoleh melalui internet.

Sedangkan narasumber kedua adalah M. Syafi’i Nasution, S.Sos., beliau merupakan Pustakawan Kementerian Pertanian Bogor. Melalui zoom meeting beliau menyampaikan terkait literasi informasi, model literasi, standar literasi, literasi media, digitalalisasi serta e-resources perpustakaan.

Beliau juga mengajak mahasiswa untuk terus melek literasi, karena pengetahuan terkait karya ilmiah pada saat ini merupakan kebutuhan dan kewajiban para mahasiswa dan akademis.

Sebagai informasi, acara yang dipandu oleh Ardina Khoirun Nisa, M.H dan Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd., ini di diikuti ratusan peserta secara daring dan luring. Namun, untuk bentuk tatap muka dibatasi untuk 80 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Salah seorang peserta workshop, yaitu mahasiswa dari Prodi KPI, Kunia Rambe mengungkapkan bahwa kegiatan pengenalan literasi dan penggunaan mendeley sangat bermanfaat bagi dirinya dalam mengerjakan tugas-tugas makalah dan menulis artikel.

“narasumbernya sangat asyik, sehingga kita sangat mudah untuk menyerap semua informasi yang disampaikan. Terkait penggunaan mendeley, tentu sangat bermanfaat bagi saya dalam menulis makalah dan artikel” tutur Kurnia

Diakhir kegiatan, ditutup dengan foto bersama dan pemberian cendramata dari UPT Perpustakaan kepada narasumber.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :